SANGAT MENGERIKAN SEKALI PENYAKIT INI...






Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang dikenal dengan Plasmodium. Ketika seseorang terinfeksi parasit tersebut, seseorang akan mengembangkan gejala penyakit malaria yang biasanya berupa demam tinggi, datang dan pergi setiap hari atau beberapa hari. Seberapa sering demam datang kembali bervariasi tergantung masing-masing spesies malaria.
Malaria, merupakan salah satu jenis penyakit yang menimbulkan gejala yang mirip demam berdarah, yaitu gejala demam tinggi. Selain memiliki gejala demam yang mirip dengan demam berdarah, persebaran penularan dari penyakit malaria sendiri juga sama seperti demam berdarah, yaitu disebarkan melalui media nyamuk. Namun apabila demam berdarah disebarkan oleh nyamuk aedes agepty, penyakit malaria disebarkan oleh nyamuk lain, yang bernama anopheles

CIRI CIRI TERKENA MALARIA
1.Stadium dingin
Terhadap stadium dingin penderita merasakan dingin & menggigil yg luarbiasa, denyut nadi terasa makin serentak tetapi lemah, bibir & jari tampak kebiruan, kulit kering, muntah-muntah yg berjalan kurang lebih 15 menit sampai 1 jam.
2. Stadium demam
Terhadap stadium ini penderita merasakan panas, muka merah, kulit kering, muntah & kepala rasanya amat sangat sakit. Suhu badan kebanyakan mencapai 40 derajat celcius atau lebih. Kadang penderita mengalami kejang-kejang. Gejala ini terjadi rata rata 2 sampai 4 jam lebih.
3. Stadium berkeringat
Stadium berkeringat adalah pengidap penyakit malaria ini senantiasa berkeringat, suhu badan di bawah kebanyakan maka menyebabkan suhu badan jadi dingin. Dikarenakan tidak jarang berkeringat, rata-rata tidak jarang merasakan haus & keadaan badan amat sangat lemah.

PENCEGAHAN MALARIA
Untuk mencegah penyakit ini memang belum ada vaksin yang efektif yang dapat melawan malaria. Jadi, untuk pencegahannya yaitu dengan menjauhkan diri dari gigitan nyamuk Anopheles dengan cara menggunakan obat nyamuk atau jaring nyamuk.
Biasanya dari pemerintah akan bertindak dengan melakukan pengasapan (fogging) pada daerah-daerah endemik malaria. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk melakukan pencegahan dari gigitan nyamuk Anopheles:

1.Memakai baju panjang untuk menghindari gigitan nyamuk tersebut.
2.Menggunakan obat nyamuk yang dioleskan pada kulit.
3.Menggunakan kelambu pada tempat tidur untuk menghindari nyamuk menempel pada kulit kita.
4. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, jika ingin berkunjung ke tempat dimana terdapat banyak nyamuk malaria.
5.Sering menyemprotkan obat nyamuk semprot pada kamar dan ruangan lain.

OBAT MALARIA ALAMI 
1.Batang brotowali 2 jari tangan
Temulawak sebesar telur itik 1 biji
Kulit batang pule 2 jari tangan

Cara meramu:
Cuci semua bahan, potong kecil-kecil .Kemudian  rebus semua bahan dalam 4 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas.Angkat dan saring.
Aturan Pakai:
Minum ramuan setelah makan selama 2 minggu berturut-turut dengan dosis sebagai berikut.
Anak umr 6 – 8 tahun, 3 kali, sehari masing-masing  ¼ gelas
Anak umur 9 – 12 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 1/3 gelas
Dewasa, 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas


2.Daun pepaya agak muda 1 lembar
Meniran 3 batang
Temu hitam 1 biji
Lengkuas merah 1 jari tangan

Cara meramu:
Cuci semua bahan, potong kecil-kecil daun pepaya serta meniran juga iris tipis temu hitam, lengkuas merah. Kemudian rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas. Angkat dan saring.
Aturan Pakai:
Minum ramuan setelah makan selama 2 minggu berturut-turut dengan dosis sebagai berikut.
Anak umr 6 – 8 tahun, 3 kali, sehari masing-masing  ¼ gelas
Anak umur 9 – 12 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 1/3 gelas
Dewasa, 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.


3.Temulawak 
Ambil rimpang temulawak sebesar ¾ jari, cuci sampai bersih lalu tumbuk sampai hancur tambahkan air matang 2 sendok makan, aduk-aduk sampai rata, lalu saring ambil airnya, tambahkan madu 4 sendok makan aduk-aduk. Minum air ramuan alami tersebut 3 kali sehari dengan dosis sekali minum dua sendok makan, lakukan terapi tersebut dengan rutin sampai malaria yang anda derita sembuh.

SHARE

Adela

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment