WASPADALAH DENGAN BENJOLAN DI MS V

Semua wanita tentu harus merawat kesehatan organ intimnya. Berbagai penyakit bisa ditimbulkan jika Anda tidak menjaga kebersihan vagina. Berikut sembilan masalah yang sering dialami vagina beserta solusinya. Penyakit seperti Benjolan Aneh  pada vagina,Jangan panik! Benjolan atau tanda pada organ intim bisa hal biasa yang mungkin tidak serius, seperti yang dikatakan oleh Ob-Gyn Alyssa Dweck, M.D penulis buku V is For Vagina. "Itu bisa apa saja, dari yang tumbuh dari garis rambut hingga kista sebaceous (lesi dibawah kulit)," ujar Dweck. Dweck menyarankan untuk membasuh benjolan dengan air hangat dan mengoleskan sedikit krim hidrokortison jika kelihatannya meradang. Jika vagina terasa sakit, segeralah periksa ke dokter

Benjolan yang timbul bisa disebabkan oleh sumbatan kelenjar, infeksi, kongenital atau tumor. Benjolan yang paling sering terjadi pada organ intim wanita, adalah Kista Bartholini, Abses Bartholini, dan Hymenal Tag. Kelenjar Bartholini merupakan sepasang kelenjar yang terdapat pada sisi kanan-kiri vagina. Kelenjar tersebut berfungsi mengeluarkan cairan untuk melumasi vagina. Dalam keadaan normal, kelenjar Bartholini tidak dapat terlihat dan teraba karena berukuran sangat kecil. Gangguan pada kelenjar Bartholini yang sering terjadi adalah Kista Bartholini dan Abses Bartholini, dan kedua hal ini merupakan penyebab tersering terjadinya benjolan di daerah vagina. Biasanya hanya mengenai salah satu kelenjar.

Benjolan di daerah vagina dapat di sebabkan oleh beberapa hal, Diantaranya:

1.Kista inklusi, kista kelenjar Bartholin, kista duktus Gardner, atau kista Mullerii. Kista merupakan benjolan berisi cairan yang diliputi oleh selapis tipis kulit, dan biasanya timbul akibat sumbatan pada kelenjar di sekitar vagina. Kista tidak membahayakan, dan kadang tidak bergejala sama sekali, atau hanya menimbulkan gangguan secara kosmetik/tampilan.

2.Tumor, yang berasal dari dinding vagina.
3.Kanker, berasal dari dinding vagina.obat penyakit gondok
4.Kutil Kelamin : Kutil juga dapat tumbuh di area kelamin baik wanita maupun pria, karena area lembab dan hangat sangat memudahkan bakteri untuk masuk dan berkembang didalamnya, sehingga menyebabkan terjadinya infeksi, peradangan dan berakhir pada adanya benjolan di atasi kemaluan atau disekitar kelamin.

5.Kista Bartholin/abses kelenjar bartholin : Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat dan menyebabkan terjadinya pembengkakan atau benjolan. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina.
6.Lipoma : Tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak yang juga dapat tumbuh di area sekitar kemaluan wanita.

7.Fibroma : Tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina.
8.Sarkoma : Tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
9.Adenocarcinoma Bartholin : Yakni tumor ganas yang berasal dari kelenjar bartholin.

Gejala Benjolan di bibir vagina ;

1.Nyeri saat berhubungan seksual
2.Gatal pada daerah kemaluan
3.Luka atau guratan
4.Cairan dari vagina
5.Tonjolan kecil
6.Pendarahan tidak normal
7.Benjolan pada mulut vagina
8.Ruam pada vagina
SHARE

Adela

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment