TERKENA PENYAKIT JANTUNG AKIBAT TANGANNYA SENDIRI


Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung terpenting.. Lebih banyak penelitian dilakukan terhadap penyakit jantung koroner dibandingkan penyakit jantung lainnya. Bahkan mungkin dibandingkan dengan penyakit lain apapun di dunia.Penyakit jantung koroner telah lebih dari satu dekade merupakan penyebab kematian tertinggi, baik untuk laki-laki maupun wanita. Sekitar 27% kematian disebabkan oleh penyakit ini. Bandingkan dengan kanker, yang pada umumnya sangat ditakuti oleh masyarakat, yang ‘hanya’ 22%..
Penyakit ini termasuk golongan penyakit degeneratif, artinya penurunan fungsi atau struktur organ berjalan sesuai dengan bertambahnya umur. Proses terjadi secara alamiah sesuai dengan proses penuaan. Tapi juga bisa timbul lebih dini berkaitan dengan pola hidup yang salah.Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah penimbunan lemak dalam arteri atau aterosklerosis. Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat memicu terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Pengumpalan darah ini memblokir suplai darah ke jantung.
PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG
1.Kebiasaan merokok
2.Pola hidup yang buruk
3.Kadar kolestrol yang tinggi
4.Hepertensi
5.Penyakit diabetes
6. Kelebihan berat badan
7.Faktor usia
8. Riwayat kesehatan keluarga
9. Penyakit darah tinggi
10. Mengalami penyakit mag


CIRI-CIRI PENYAKIT JANTUNG
1.Gejalah sesak nafas
2.Sering pusing bahkan pingsan
3.Sering mengalami nyeri
4.Jantung sering berdebar-debar atau disebut palpitasi
5.Gampang lelah dan pening
6.Gangguan pencernakan
CARA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
1.Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau
2.Batasi jumlah kusumsi alcohol yang anda minum
3.Pola makanj yang sehat
4.Kurangi berat badan anda jika berlebihan
5.Olah raga teratur
6.Jangan berjemu
7.Usahakan sex yang aman
8.Kendalikan kadar kolestrol anda
9.kontrol atau kendalikan tekanan darah tinggi
OBAT PENYAKIT  JANTUNG  ALAMI
1.Buah anggur
2.Apel
3.Bawang merah
4.Bawang putih
5.Mengkudu
6.Madu
7.Asparagus
Pasien penyakit jantung sebaiknya menambah asupan makanan yang kaya vitamin E. Vitamin ini dinyatakan memperbaiki fungsi jantung dengan cara memperbaiki oksigenasi sel-sel. Vitamin E juga meningkatkan sirkulasi darah dan kekuatan otot. Produk- produk wholemeal dan sayuran hijau, khususnya daun kubis bagian luar, merupakan sumber vitamin E.. Vitamin C juga penting karena berperan melindungi kerusakan spontan dinding kapiler yang bisa memicu serangan jantung. Vitamin C juga mencegah peningkatan kolesterol darah. Stres dan kemarahan, ketakutan dan kekecewaan serta emosi sejenis lainnya bisa meningkatkan lemak dan kolesterol darah. Tapi, reaksi stres ini tidak akan membahayakan jika diet Anda cukup vitamin C dan asam pantotenat. Buah sitrus merupakan salah satu sumber terkaya vitamin C.
SHARE

Adela

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment