HINDARI PENYAKIT MAAG DARI SEKARANG



Penyakit maag adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oloeh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung, dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan, selain dari kelebihan asam lambung sakit maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut selain akibat dari radang lambung.


JENIS  JENIS PENYAKIT MAAG :
1.Maag ringan, perut masih belum terasa sakit dan kadang-kadang juga terasa sakit, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding lambung.

2.Maag sedang, di tahap ini perut mulai ada rasa mual sakit dan nyeri karena asam lambung meningkat.

3.Maag kronis, maag yang dibiarkan terus karena pola makan dan tidak diobati sehingga asam lambung yang meningkat tajam.

4.Kanker lambung, maag yang sudah kronis yang disertai juga dengan adanya bakteri helyobacter pylori.

PENYEBAB PENYAKIT MAAG :
karena penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Selain karena penyebab diatas penyakit maag juga bisa disebabkan karena ada peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab lain dari sakit maag, bakteri ini mempunyai sifat luar biasa. Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak, Kuman Helicobacter pylori dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus). Akibat dinding lambung mengalami perlukaan, penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati.

OBAT MAAG SECARA ALAMI :
1.Daun keji beling
Tanaman keji beling biasanya dijadikan sebagai pagar pembatas kebun di perkampungan. Namun siapa sangka, tanaman pagar ini mempunyai khasiat untuk mengobati sakit maag. Ambil daun keji beling yang segar sebanyak 3-5 lembar, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum air rebusannya lalu makan daunnya sebagai lalapan.

2.Akar daruju kering
Mungkin tak banyak yang tahu seperti apa tanaman daruju. Anda bisa menanyakannya di pasar tradidional yang menjual bahan untuk obat-obatan tradisional. Untuk mengobati sakit maag, rebus 30-60 gram akar daruju kering dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Biarkan hingga dingin, lalu saring airnya dan diminum.

3.Biji pala
Pala merupakan salah satu bumbu dapur yang berkhasiat bagi kesehatan, salah satunya mengobati sakit maag alias tukak lambung. Ambil 1 gram serbuk biji pala dan 6 gram serbuk buah pisang batu, kemudian diseduh dengan 100 ml air panas. Aduk dan minum air ramuan tersebut selagi masih hangat. Ulangi pengobatan tersebut sevara rutin.

4.Kacang hijau
Anda yang gemar mengonsumsi aneka olahan dari kacang tersebut berarti juga dapat menjaga kesehatan organ lambung, mengingat kandungan yang ada di dalamnya cukup efektif dapat mencegah maag. Namun bagi yang sudah terlanjur terkena penyakit maag juga tak perlu khawatir. Cukup dengan menghaluskannya dan mencampur dengan air kemudian diminum. Paling tidak lakukan pengobatan ini 3 kali dalam sehari dengan dosis 1 sendok makan tiap konsumsinya.

5 Pisang raja
Semua jenis pisang memang banyak kandungan gizinya, namun hanya pisang raja yang kaya akan pektin, pektin ini adalah suatu zat yang dapat melindungi selaput lendir yang ada dalam lambung. Mengingat selaput tersebutlah yang berhubungan dengan asam lambung secara langsung jadi sangat mudah terkikis, jika sudah menipis maka akan menyebabkan rasa perih jika HCL diproduksi dalam jumlah yang berlebih.

SHARE

Adela

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment